Minggu, 20 Desember 2020

Jenis-jenis kain Denim

JENIS-JENIS KAIN DENIM

 

Kain Denim memiliki beberapa jenis yang berbeda antara satu dengan yang lain. Berikut ini adalah beberapa jenis kain Denim yang perlu diketahui : 

1. DRY DENIM ATAU RAW DENIM

Ini merupakan jenis kain Denim yang tidak mengalami proses pencucian sesudah pewarnaan atau pencelupan. Ciri khas dari jenis kain ini adalah memiliki karakter kain yang sedikit kasar dengan bentuk warna yang sangat kuat. Adapun contoh dari warna yang dimiliki oleh jenis kain ini adalah warna biru yang masih sangat biru.

2. PREWASH DENIM

Jenis kain Denim yang selanjutnya adalah Prewash Denim yang dalam proses pembuatannya sudah mengalami pencucian. Dengan proses pencucian tersebut, menjadikan jenis kain ini lembut dengan tampilan yang sedikit memudar layaknya warna yang ada pada celana jeans secara umum. Untuk warnanya sendiri tentu lebih terang jika dibandingkan dengan jenis sebelumnya.

3. SELVEDGE DENIM

Sebenarnya, ini merupakan jenis kain Denim yang ujung atau bagian pinggirannya sudah teranyam dengan sangat rapi.

4. RAMIE DENIM

Ini merupakan jenis kain Denim yang para proses pembuatannya dicampur dengan menggunakan serat tanaman rami. Campuran tersebut menjadikan kain Denim yang diperoleh semakin halus dari jenis kain Denim biasa. Selain itu juga dapat mengurangi kerutan di kainnya. Denim ini juga tidak mudah menjadi kotor serta penyerapan airnya menjadi lebih mudah.

5. STRECH DENIM

Ini merupakan jenis kain Denim yang dicampur dengan jenis bahan elastis. Yakni dari bahan spandek dalam kadar sekitar dua sampai dengan tiga persen saja. Pencampuran tersebut membuat jeis ini kerap dipakai untuk membuat celana jeans. Khususnya jenis jeans wanita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jenis-jenis Cuttingan (Potongan) Denim

Setiap orang memiliki postur dan bentuk kaki yang berbeda, dan oleh karena itu setiap orang harus mengetahui tipe cuttingan jeans apa yang c...