Minggu, 20 Desember 2020

Jenis-jenis Cuttingan (Potongan) Denim

Setiap orang memiliki postur dan bentuk kaki yang berbeda, dan oleh karena itu setiap orang harus mengetahui tipe cuttingan jeans apa yang cocok baginya agar mendapatkan fit raw denim yang sempurna. Karena, sebagus apapun kualitas material jeans lokal yang anda beli akan tampak aneh apabila anda salah memadukan jenis cuttingan dengan bentuk kaki anda.

Terdapat banyak faktor yang dapat membuat sebuah jeans “sempurna”, mulai dari bahan raw denim yang dipakai, jenis detail, filosofi dari brand yang diusung, hingga jenis cutting. Pada artikel ini, kami akan membahas salah satu faktor penting dalam yang membuat sebuah raw denim, yaitu jenis-jenis cuttingan pada sebuah jeans.

Terdapat tiga jenis cutting jeans yang pada umumnya banyak diaplikasikan oleh brand jeans lokal: Slim cut, Slim Straight Cut, dan Straight Cut. 


1. Slim cut 

Slim cut merupakan salah satu jenis cuttingan jeans yang banyak digemari oleh banyak orang. Jenis cuttingan ini memiliki siluet celana yang mengikuti bentuk apabila dipakai. Secara rincinya, slim cut memiliki ukuran bagian paha dan bagian kaki yang melengkung mengikuti bentuk kaki. Pada saat dipakai, jenis cutting ini tidak terlalu ketat, dan membuatnya cocok untuk dipadukan dengan beragam sepatu.

Cocok dipakai untuk:
- Orang yang memiliki bentuk paha dan kaki yang kurus
- Orang yang memiliki bentuk paha besar, namun kaki kurus

2. Slim straight cut 

Slim straight cut merupakan jenis cuttingan lainnya yang banyak dipakai oleh brand jeans lokal selain slim cut. Jenis cuttingan ini menawarkan fit yang pas pada bagian paha ke lutut, dan sedikit longgar atau loose pada bagian lutut kekaki. Slim straight cut banyak digemari karena dapat memberikan kesan kuat pada kaki penggunanya. Slim straight cut cocok untuk dipadukan dengan classic sneakers seperti vans, converse.

Cocok dipakai untuk :
- Orang yang memiliki bentuk paha besar, namun kaki kurus
- Orang yang memiliki bentuk paha dan kaki yang besar

3. Straight cut 


Straight cut merupakan jenis cuttingan yang juga banyak diaplikasikan oleh brand jeans lokal untuk artikel repro jeans klasik. Jenis cuttingan ini memiliki ukuran paha-kaki yang loose yang mengacu dengan bentuk Levis 501 yang vintage. Apabila dipakai, straight cut jeans akan memiliki siluet yang lurus pada kaki. Sama halnya dengan slim straight cut, jenis cuttingan ini hanya cocok untuk dipadukan dengan sepatu maupun boots dengan desain klasik.

Cocok dipakai untuk :
- Orang yang memiliki bentuk paha dan kaki yang kurus
- Orang yang memiliki bentuk paha besar, namun kaki kurus
- Orang yang memiliki bentuk paha dan kaki yang besar

Dan pada akhirnya, semua kembali kepada bentuk kaki setiap orang.Denim Jeans yang terbaik dengan fades (perubahan warna indigo menjadi luntur) indah dimulai dari sebuah fit yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jenis-jenis Cuttingan (Potongan) Denim

Setiap orang memiliki postur dan bentuk kaki yang berbeda, dan oleh karena itu setiap orang harus mengetahui tipe cuttingan jeans apa yang c...